Massifkan Vaksinasi Warga Makassar, Kini Jumlahnya Capai 71 Persen

sulsel.hallobanua.com, Makassar - Setelah beberapa pekan massif melakukan vaksinasi massal di 15 kecamatan. Kini Kota Makassar  telah mencapai target herd immunity atau kekebalan kelompok vaksinasi Covid-19 telah di angka 71,36 persen warga Makassar ter vaksin.

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Nusaidah Sirajuddin mengatakan berkat kerjasama yang dibangun keseluruh camat, lurah dan petugas kesehatan untuk gencar mengsosialisasikan ke warganya untuk ikut vaksin. Jumlah warga yang ikut vaksin pertama telah mencapai sebanyak 786.623 warga.

"Ini berkat kerjasama semua pihak untuk mengajak warga ikut vaksin jadi warga Makassar telah menyelesaikan vaksin dosis pertama itu sudah 700 ribu lebih. Sementara dosis kedua mencapai 51,10 persen lebih dari target 1.102.330 orang," ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (1/11/2021).

Selain itu, untuk saat ini Kota Makassar masih membutuhkan 400 ribu lebih lagi warga untuk ikut vaksin. Untuk itu sejumlah langkah-langkah telah dilakukan Pemkot Makassat. Mulai dari program vaksinasi para tenaga medis, vaksinasi petugas publik, lansia, vaksinasi masyarakat umum dan rentan, hingga anak sekolah mulai usia 12 tahun keatas.

"Jadi masih tersisa 400 ribu lebih lagi sesuai target Pak Wali, kalau lebih dari angka itu malah jusru lebih bagus lagi," ujarnya.

Lebih lanjut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan sasaran vaksinasi untuk terbentuknya herd immunity mencakup 70-80 persen populasi.

"Kita tinggal menjalankan perintah, jadi kalau harapanya kemenkes bahwa minimal 70 persen sudah kita dapatkan herd immunity," jelasnya.

Dhita Anggraeni/Sywal
Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya