153 Unit CCTV Dianggarkan Pemkot Makassar di APBD Pokok 2022

sulsel.hallobanua.com, Makassar - Mengakselerasi dan mempercepat program Lorong Wisata dan memastikan Keamanan Lorong. Pemerintah Kota Makassar bakal memasang Closed Circuit Television (CCTV) beberapa titik di Kota Makassa.

Menurut Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pengadaan CCTV akan dilakukan secara bertahap dan mulai dilakukan tahun 2022 yang akan diusulkan anggarannya di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pokok 2022 sebanyak 153 unit CCTV lorong.

"Anggaran pengadaan CCTV bertatahap, jadi tahap pertama sebanyak 153 unit setiap kelurahan satu CCTV. Ini anggarannya ada di APBD Pokok, kita harus bertahap karena keterbatasan dana. Kita mulai di 153 kelurahan," ungkapnya, Senin (1/11/2021).

Lanjutnya bahwa pemasangan CCTV ini untuk mengakselerasi dan mempercepat program Lorong Wisata. Apalgi beberapa lorong yang memiliki riwayat kriminal dan konflik sosial sehingga dengan hadirnya CCTV lorong diharapkan menjadi bekal pemantauan peristiwa yang terjadi di sekitar lokasi.

"Tujuan utamanya ialah untuk memantau masyarakat yang keluar masuk lorong. Termasuk, lorong-lorong yang rawan kriminal atau tindak kejahatan semuanya dipasang. Kita ikuti permintaan warga sehingga dipasang sebagai pemantauan," katanya.

Untuk anggaran jaringan 2020 itu dianggarkan sebesar Rp3,2 miliar untuk seluruh kota, namun yang terpakai hanya Rp2,4 miliar karena banyak yang tidak menyala jadi yang menyala saja yang dibayar.
Untuk pengadaan CCTV-nya, ada tiga jenis seperti CCTV analitik, surveilans, dan biasa. Pada 2020 sekitar Rp3 miliar pengadaannya.

Dhita Anggraeni/Sywl

Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya