490 Satgas Drainase Diturunkan, Pemkot Makassar Antisipasi Genangan Sejak Dini

sulsel.hallobanua.com, Makassar - Mengantisipasi terjadinya banjir maupun genangan, berbagai langkah sudah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar salah satunya  mengangkat sedimen yang bisa menggambat aliran air di saluran drainase.

Menurut Kepala Bidang PSDA dan Drainase PU Makassar, Syafar Madjid mengatakan perlu diwaspadai persoalan banjir yang sudah jadi langganan di Kota Makassar dimana banyaknya terjadi genangan diakibatkan oleh sampah, sedimen, dan adanya jaringan drainase yang rusak.

"Jadi sebelum intensitasi hujan tinggi beberapa darainase kita lakukan pembenahan termaksud sedimentasi pada saluran drainase yang membuat air tidak bisa mengalir dengan baik. Karena ada sekitar 32 titik yang rawan genangan saat terjadi hujan lebat di Makassar," ungkapnya, Kamis (16/09/2021).

Lanjutnya bahwa ada beberapa lokasi yang rawan genangan, utamanya diarea jalan poros nasional maupun provinsi. Untuk itu, Dinas PU menyiapkan 490 orang Satuan Tugas (Satgas) drainase untuk melakukan perbaikan dibeberapa titik.

"Kan sebelum ditentukan kita lakukan survey terlebih dahulu, tapi ada juga aduan dari warga. 490 orang Satgas Drainase yang kami turunkan akan melakukan pengangkatan sedimentasi di tempat-tempat yang membutuhkan," ujarnya.

Selain itu, normalisasi saluran di Makassar akan segera diperbaiki, dimana panjang saluran berkisar sebesar 3.233.250 meter. Sementara sudah terealisasi normalisasi saluran sudah 11.291 meter. 

"Kita target rampung pada Desember mendatang, karena kita fokus dalam jangka dekat ini genangan dan antisipasi banjir di Makassar, termaksud pembuatan kolam retensi atau Aquapon," bebernya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto membeberkan lokasi pembangunan aquapon eskalasi genangan air saat hujan deras, maka kawasan yang cocok dibangunkan di AP Petta Rani dan depan rumah jabatan Wakil Gubernur Sulsel. Utamanya untuk skala banjir kronis, seperti di Kodam 3, juga Antang Blok 8 dan 10

"Kita harus buatkan drainase dengan jaringan khusus kalau daerah situ. Itu untuk mengalirkan air yang pada waktu hujan deras. Jadi antisipasi genangan ini kita prioritaskan di spot-spot genangan,"tuturnya. 

Dhita Anggraeni/Syawal

Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya