Walikota Makassar Bakal Evaluasi Kinerja Perusda, Tidak Setor Deviden ke Kas Daerah


sulsel.hallobanua.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar membeberkan buruknya kinerja dan setoran deviden yang dihasilkan Perusahaan Daerah (PD) Makassar maupun Badan usaha milik daerah (BUMD). Alhasil Walikota Makassar bakal evaluasi seluruh kinerja pejabatnya.

Menurut Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan sudah menjadwalkan dalam waktu dekat akan mengevaluasi kinerja Perusda maupun Perusda yang beralih status ke Perusahaan Umum Daerah (Perumda) saat ini karena tidak bekerja maksimal mendorong PAD Kota Makassar.

"Saya melihat laporan dari BPKAD pemasukannya tidak ada sama sekali yang ada utang terus. Inilah nanti saya akan panggil mereka untuk dievaluasi, kalau memang tidak sanggup kita ganti,"ungkapnya, Kamis (19/08/2021).

Selain itu, Danny sapaan akrab Moh Ramdhan Pomanto menjelaskan jika sebelumnya sudah memberikan peringatan pertama ke masing-masing  perusda untuk segera melunasi utang deviden pada akhir tahun 2020. Bahkan hingga saat ini belum juga memaksimalkan dalam menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Makassar.

Adapun daftar piutang dividen Perusda yang belum dibayarkan sejak 31 Desember 2020, antara lain, Perusda Pasar Makassar Raya sebanyak Rp300 juta lebih, Perusda Parkir Makassar Raya sebesar Rp650.9 juta dan PDAM Kota Makassar sebesar Rp44.1 Milliar

"Saya akan panggil dulu, apalagi kemarin ada perubahan status, saya akan pelajari dlu, Nanti setelah itu kalau tidak ada kontribusi ke PAD berarti tidak ada gunanya mereka," bebernya.

Dhita Anggraeni/Syawal
Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya