Dewan Tekankan Percepat Pendataan di Kecamatan Daftar Penerima Bansos


sulsel.hallobanua.com, Makassar- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar tegaskan kecamatan/ keluarahan di Makassar untuk lakukan pendataan dengan benar terkait calon penerima Bantuan Sosial (Bansos) di Kota Makassar.

Menurut Anggota Komisi D DPRD Makassar, Budi Hastuti mengatakan baru-baru ini mendapatkan infomasi dari Dinas Sosial Kota Makassar bahwa banyak data yang salah terkait calon penerima Bansos di Makassar.

"Harus diverifikasi betul-betul dulu datanya ini di kecamatan, jangan sampai ada warga yang tidak mendapatkan dan ada yang dua kali dapat. Tidak boleh tumpang tindih bantuan diberikan, kecamatan juga gerak cepat soal ini," ungkapnya diruang Komisi DPRD Makassar, Senin (09/08/2021).

Legislator Fraksi Gerindra Makassar ini bahwa mendesak pendataan tersebut segera dirampungkan agar seluruh penerima manfaat bisa sesegera mungkin menikmatinya. 

"Kemarin saja kita dewan reses itu yang paling banyak disinggung warga, jadi saya kira ini perlu dipercepat, pendataan seluruhnya ini dikecamatan baru setor ke Dinsos," katanya.

Ia juga menekankan agar penerima benar-benar valid orang-orang yang membutuhkan. Jangan sampai ada unsur nepotisme yang terjadi, utamanya orang-orang yang berkepentingan.

"Kendalanya ini belum ada penyaluran bantuan karena pendataan yang tidak bagus, saya dapat kabar itu data lama yang dia pakai, padahal sekarang sudah banyak yang berubah," bebernya.

Buruknya pendataan tersebut kata dia adalah akibat manajemen dari RT/RW hingga Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang tidak kompeten. Semestinya pendataan intens diupdate pertriwulan agar data lebih valid.

Dhita Anggraeni/Syawal
Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya