Danny Harap Makassar Lepas Zona Merah, Jumlah Terpapar Mulai Turun


sulsel.hallobanua.com, Makassar - Gencarnya Pemerintah Kota Makassar menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Makassar diklaim mampu menekan kasus penularan Covid-19. Pasalnya, jumlah angka warga yang terpapar mencapai 500 kasus saat ini sudah turun menjadi 200 kasus per minggu.

Menurut Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan sejak dimulainya testing pada warga terkonfirmasi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang diberlakukan di Kota Makassar kasus baru positif Covid-19 melandai secara perlahan.

"Sekaran jumlahnya sudah turun, kedepan saya akan terus menjaga ini agar terus betul-betul dipastikan lepas dari zona merah. Mudah-mudahan setelah tanggal 23 ini kita bisa lepas dari zona merah," ungkapnya, Senin (23/08/2021).

Pada periode 16 Agustus kasus tercatat hanya 39 kasus, 17 Agustus tercatat 135 kasus, kemudian pada 18 Agustus hanya 173 kasus. Sementara sebelum diberlakukannya PPKM Level 4 kasus harian Kota Makassar di angka 400 hingga 700 kasus.

"Kita akan lihat dulu perkembangan hingga hari ini, apakah PPKM masih akan diperpanjang atau tidak. Kita akan lihat data kasus Covid-19 di Makassar," katanya.

PPKM Level 4 juga akan berakhir hari ini, Senin 23 Agustus 2021 di Makassar yang mengatur sejumlah aturan terkait pembatasan masyarakat. Seperti dipusat perbelanjaan seperti mal dan lainnya ditutup kecuali untuk restoran, supermarket, dan pasar swalayan dengan protokol kesehatan ketat.

Selain itu, Danny juga optimis bahwa turunnya kasus Covid-19 juga dipengaruhi dari adanya program isolasi mandiri di Kapal Umsini atau Isolasi Apung Terpadu.  Ia juga meminta agar Satgas Covid Hunter menyemprotkan disinfektan dam melakukan pengawasan pada warga yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

"Saya juga akan tingkatkan vaksinasi, hingga sampai di tingkat kelurahan agar dapat tercapai target herd immunity dengan jumlah warga Makassar sudah divaksin sekitar 70 persen," tuturnya. 

Dhita Anggraeni/Syawal
Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya