Walikota Makassar Bakal Buat Surat Edaran Kendaraan Dinas Wajib BBM Ramah Lingkungan

sulsel.hallobanua.com, Makassar - Tidak hanya menjaga kesehatan dari paparan virus saja. Melainkan Pemerintah Kota Makassar bersama Pertamina Regional Sulawesi juga mengajak warga terhindar dari paparan polusi udara yang buruk.

Melalui Program Langit Biru (PLB) Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengajak warga untuk menjaga lingkungan dengan menciptakan kualitas udara yang baik. Dengan menggunakan BBM ramah lingkungan sesuai dengan program yang diluncurkan Pertamina.

"Kita tidak hanya mencegah virus masuk di Makassar, tapi bagaimana Makassar ini juga kondisi polusinya bagus dan sehat. Olehnya itu, saya mengajak dan sudah menjadi tugas kita bersama bertanggung jawab untuk menjaga kualitas udara di Makassar tetap sehat," ungkapnya saat menerima kunjungan dikediaman Pribadi Wali Kota Makassar, Rabu (21/07/2021).

Lanjut Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengaku saat ini jumlah polusi di Makassar didominasi oleh sepeda motor, disusul angkutan umum, truk dan bus. Sehingga menggunakan BBM ramah lingkungan perlu dilakukan secepatnya.

"Nah, saat ini Pertamina dengan Program PLB tentu sedikit banyak akan sangat membantu mengurangi polusi di Makassar. Kita ganti bahan bakar kita, untuk ciptakan polusi yang sehat dengan  menggunakan bahan bakar minyak untuk kendaraan kita," jelasnya.

Selain itu, untuk mendukung dan langkah pertama menjadi contoh masyarakat Makassar. Pihaknya akan mengeluarkan Surat Edaran untuk kendaraan dinas pemerintah kota Makassar agar menggunakan BBM ramah lingkungan.

"Ke depan saya akan keluarkan Surat Edaran untuk kendaraan dinas pemerintah kota dan ASN agar menggunakan BBM ramah lingkungan untuk menjaga langit biru Makassar demi kualitas dan kesehatan udara. Ini agar menjadi contoh masyarakat bahwa pemerintah Makassar sudah beralih menggunakan bahan bakar  ramah lingkungan," tuturnya.

Sementara itu, Unit Manager Communication, Relations dan CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali menjelaskan polusi udara dewasa ini yang kian meresahkan masyarakat. Sehingga memotivasi PT Pertamina untuk membuat terobosan baru dengan menciptakan Program Langit Biru (PLB) dimana jenis bahan bakar yang digunakan berjenis ramah lingkungan.

"PLB Pertamina juga dinilai berhasil memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang ramah lingkungan. Menjadi tugas dan tanggung jawab bersama bagaimana menjaga kualitas udara agar sehat," katanya.

Seperti diketahui bahwa PT Pertamina telah meluncurkan program ini sejak 21 Maret 2021 lalu dengan menawarkan BBM berjenis pertalite dengan proporsi yang ramah lingkungan. Kini animo masyarakat cukup besar dengan hadirnya program tersebut. 

Dhita Anggraeni/Syawal

Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya