Pemkot Makassar Tunggu Verifikasi Inspektorat Cairkan Tunggakan Gaji Nakes


sulsel.hallobanua.com, Makassar-- Tunggakan insentif Tenaga Kesehatan (Nakes) tahun 2020 bakal dicairkan. Bahkan Pemerintah Kota Makassar telah menjamin insentif nakes hingga Desember 2021 telah tersedia, yang anggarannya sebesar Rp 40 Miliar lebih.

Menurut Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan dirinya akan segera memproses tunggakan intensif nakes di tahun 2020 hingga saat ini. Dimana diketahui sekitar Rp24 miliar dari total tersebut akan digunakan untuk membayar tunggakan sejak September 2020 lalu hingga Juli 2021.

"Anggaranya sudah ada sampai bulan Desember pun sudah ada. Segera saya akan tanda tangani, bahkan untuk tunggakan insentif Nakes tahun 2020. Karena saya menjabat Wali Kota Makassar pada akhir triwulan pertama tahun ini, makanya ada tunggakan kemarin, semoga saja sudah dicairkan untuk mereka,"ungkapnya, Kamis (22/7/2021).

Lanjutnya bahwa sebelum pencairan dilakukan ada beberapa berkas adminstrasi perlu dilengkapi. "Tinggal administrasinya dan tanda terimanya. Jadi sampai Desember 2021 pun sudah ada," katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Andi Hadijah Iriani mengaku bahwa intensif nakes telah dialokasikan anggarannya di Badan Pengelola Keuangan Daerah ke Dinas Kesehatan agar segera diverifikasi oleh inspektorat.

"Sabar ki itu anggaranya sudah dialokasikan BPKD ke kami. Sekarang masih proses administrasi karena harus diverifikasi kembali oleh inspektorat," ucapnya.

Keterlambatan pencairan insentif nakes pada September 2020 lalu karena anggaran tidak cukup. Anggaran tahun lalu hanya Rp7 miliar, sementara yang dibutuhkan untuk membayar nakes untuk rumah sakit dan puskesmas sekitar Rp15 miliar lebih.

"Untuk puskesmas anggaran sudah masuk diserahkan ke bagian keuangan. Kami minta kembali ke keuangan untuk mengangarkan kami Rp9 miliar lebih sampai September 2020 dibayarkan," jelasnya.

Dhita Anggraeni/Syawal
Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya