Pemkot Makassar Siapkan Karantina Pasien OTG Covid-19 di Atas Laut

sulsel.hallobanua.com, Makassar - Belum selesai dengan pro kontra tim detector Makassar, yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Kini Pemerintah Kota Makassar kembali membuat program untuk karantina pasien Covid-19 Bergejala Ringan dan Orang Tanpa Gejala (OTG) diatas kapal laut.

Menurut Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi mengatakan seluruh masukan, saran dan kritikan untuk menjadikan Makassar bebas Covid-19 sejumlah program dilakukan. Salah satunya menampung pasien OTG menggunakan kapal Pelni.

" Jadi tolong mari bekerja bersama, kita berjuang bagaimana masyarakat Makassar bebas dari Covid dan mengantisipasi membludaknya pasien Covid-19 kami menggunakan armada kapal penumpang milik PT Pelni untuk mengkarantina pasien yang OTG atau punya gejala ringan saja, agar tidak bertumpuk di RS," ungkapnya di Jalan Amirullah Makassar, Selasa (13/07/2021).

Rencananya kapal tersebut akan berada dilaut yang tepatnya di pulau Lae-lae untuk isolasi apung terpadu bagi warga yang terpapar Covid-19. Tentu untuk merealisasikan program tersebut di butuhkan anggaran lebih yang dibebankan ke APBD.

"Kita sementara akumulasikan dulu semuanya, karena ada anggaran teknis, anggaran kesehatan, ada anggaran logistik yang perlu kita matangkan dulu semua," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Makassar, Ramdhan Pomanto mengaku langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi membludaknya pasien Covid-19 di rumah sakit di Makassar, dimana angka pasien covid yang terpapar terus meningkat.

"Kapalnya baru tiba besok di Makassar, dan sementara ini kita koordinasi juga bersama teman-teman dokter dan para ahli kesehatan yang bakal merawat pasien. Intinya jangan sampai RS kita penuh dan ada masyarakat yang tidak tertagani," tuturnya.

Dhita Anggraeni/Syawal

Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya