Kapal Isolasi Pasien Covid-19, DPRD Minta Harus Steril dan Sehat


sulsel.hallobanua.com, Makassar - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar mendukung program Pemerintah Kota Makasar untuk mengisolasi pasien Covid-19 yang bergejala ringan di atas kapal laut KM Umsini milik PT Pelni.

Menurut Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar, Abdul Wahab Tahir mengatakan langkah untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 di Rumah Sakit dengan membuat tempat isolasi diatas laut adalah pertama di Indoneisa bahkan hanya ada di dua negara salah satunya di Amerika.

"Ini yang namanya bisa memabngun imun untuk pasien covid-19, karena setahu saya ada dua negara di dunia menggunakan ini ada Amerika dan Indonesia. Ini langkah berani yang diambil mudah-mudahan berjalan dengan baik dan kita bisa cegah lonjakan pasien di RS,"ungkapnya, Kamis (15/07/2021).

Lanjut Legislator Fraksi Golkar Makassar ini meminta Pemkot Makassar harus merombak tempat ruangan pasien di atas kapal laut. Sebab pasien Covid-19 harus memperhatikan sirkulasi udara bersih di kapal untuk pasien covid.


"Saya kira Pak Wali sudah pertimbangkan semua itu untuk pasien Covid-19 karena namanya pasien pasti butuh kebutuhan khusus untuk segera bisa pulih," ujarnya.

Begitupun yang disampaikan, Anggota DPRD Makassar, Al Hidayat Samsu mengaku pemerintah kota berinovasi melakukan isolasi apung agar tidak terjadi penumpukan pasien covid di rumah sakit.

"Tentu bagus, tapi tentu kapal yang digunakan juga harus steril dan sehat untuk pasien. Salah satu kendala di kapal itu soal udara bersih nantinya di kapal itu dibuatkan alat kemudian agar sirkulasi udara mengalir baik, jadi isolasi mandiri bisa sehat,"tuturnya. 

Dhita Anggraeni/Syawal
Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya