DPRD Makassar Sebut Warga Kena KDRT, Lapor Shelter Warga

sulsel.hallobanua.com, Makassar - Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) menjadi persoalan serius bahkan hingga saat ini. Di Kota Makassar sendiri KDRT terus mendapat perhatian dari berbagai kalangan. 

Bahkan pemerintah Kota Makassar telah memperadakan 'Shelter Warga' yang merupakan rumah aman dengan harapan menjadi tempat penanganan dan perlindungan awal bagi perempuan dan anak korban kekerasan. 

Anggota DPRD Kota Makassar, Irmawati Sila pun menghimbau kepada masyarakat, terutama perempuan, yang jika mendapatkan KDRT untuk langsung ke Shelter Warga terlebih dahulu. 

"Hampir di semua tempat di Makassar itu kan ada shelter warga atau rumah aman. Ini kan memang harusnya ada mediasi di sektor keluarga," katanya di Jalan Manunggal 31 Maccini Sombala, Rabu (14/07/2021). 

Irmawati mengatakan banyak warga yang melaporkan tindak KDRT  terutama di wilayah dapilnya. Olehnya ia menghimbau masyarakat untuk ke shelter terlebih dahulu. 

Ia mengatakan ada berbagai macam sebab mengapa terjadi KDRT. Sebab yang paling sering terjadi adalah faktor ekonomi dan faktor sosial. 

Namun Irmawari mengatakan jika setiap perselisihan dalam keluarga pasti ada solusinya. Apalagi di Makassar, telah ada Perwali tentang pemberdayaan perempuan dan anak yang mengatur soal tindak lanjut masyarakat jika mendapat KDRT. 

"Di setiap perselisihan kita tahu bahwa pasti ada solusi. Disinilah pemkot hadir, karena adanya perwali. Di perwali ini jelas bahwa ada rumah aman, shelter warga. Di situ sudah jelas dan diaturan perwali sudah jelas, jika ada KDRT akan dimediasi terlebih dahulu di shelter," jelasnya. 

Irmawati menambahkan, dengan adanya aturan ini, pemerintah hadir untuk memediasi yang terbaik, jika terjadi KDRT. 

Namun jika KDRT terjadi berulangkali, maka masyarakat dihimbau Irmawati untuk tidak segan melaporkannya ke pihak berwajib. 

"Di perwali itu juga dikatakan, ketika ada KDRT berulang-ulang, maka itu sudah bisa dilaporkan ke pihak berwajib," tutupnya.

Dhita Anggraeni/Syawal

Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya