DPRD Makassar Imbau Beli Hewan Qurban Bersertifikat


sulsel.hallobanua.com, Makassar - Menjelang perayaan hari raya idul adha atau hari qurban bagi umat islam. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Makassar menghimbau kepada seluruh masyarakat yang berniat berqurban, disarankan untuk membeli hewan yang bersertifikat.

Menurut Sekertaris Komisi D DPRD Makassar Sahruddin Said mengatakan petanda bahwa hewan tersebut sehat untuk disembeli dengan adanya sertifikat. Hal tersebut dipandang perlu untuk mengantisipasi banyaknya daging gelondongan yang diperjual belikan di pasaran dan beredarnya hewan yang berpenyakit.

"Makanya harus ada petanda bahwa hewan tersebut sehat untuk disembeli. Pemkot Makassar juga harus menjamin ketersediaan stok dan kelayakan sapi qurban di Makassar," ungkapnya di Gedung DPRD Makassar, Senin (19/07/2021).

Pemerintah dalam hal ini DKP3 juga perlu memperhatikan kebersihan lingkungan pemotongan hewan. "Tetap menjaga kebersihan dan kesehatan hewan, tidak seperti tahun lalu saya temui di Hertasning yang dimana sapi yang dijual memakan sampah bukannya rumput," katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi B Bidang Perekonomian dan Keuangan DPRD Makassar, Hasanuddin Leo mengatakan pemerintah perlu menjamin ketersediaan sapi qurban seluruh mencukupi seluruh kebutuhan masyarakat. 

"Memeriksa kondisi hewan qurban apakah layak atau tidak disembelih, perlu dilakukan pemkot Makassar. Harus ada hasil pemeriksaan yang diberikan surat kesehatan hewan dalam bentuk sertifikat. Olehnya kita himbau masyarakat yang membeli hewan qurban ditempat harus lihat hewan yang bersertifikat," jelasnya.

Ia juga menghimbau untuk memperhatikan kotoran limbah yang bisa berpeluang menghasilkan hewan qurban yang tidak layak dan kondisi disekelilingnya penuh dengan bau yang menyengap.

Dhita Anggraeni/Syawal
Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya