Dewan Dorong Dana Hibah Restoran dan Hotel di Makassar


sulsel.hallobanua.com, Makassar-- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar mendorong Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Selatan Pemeritah Kota Makassar segera melengkapi data sertifikasi untuk mendapatkan dana hibah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menurut Ketua Komisi B DPRD Makassar, William mengatakan untuk mencegah tidak dicairkannya dana hibah dari Kemenparekraf untuk pengusaha hotel dan restoran di Makassar. Perlu secepatnya, kerjasama antara PHRI dan dinas terkait.

"Sebab dana hibah tersebut untuk memberikan sedikit stimulus bagi pelaku usaha. Jangan sampai terjadi kembali ditahun kemarin dibatalkan, ini setoran PAD hotel an restoran turun, karena mereka mengeluh tidak ada bantuan," ungkapnya, Rabu (28/07/2021).

Sehingga Legislator Fraksi PDIP Makassar ini meminta kepada PHRI mengenjot hotel dan restoran yang belum datanya untuk segera dilengkapi, sehingga bisa rampung dan disesuaikan dengan data yang ada.

"Sekarang ini harusnya dilengkapi, mulai dari sertifikasi seluruh hotel, rumah makan dan seterusnya terkait data apa yang diperlukan itu harus dilengkapi mulai dari hari ini," ucapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi B DPRD Kota Makassar, Hasanuddin Leo mengaku wajar jika terjadi penurunan pendapatan dan setoran yang diberikan pengusaha hotel dan restoran di Makassar.

"Untuk menekan penuruanan ini dan supaya kejadian kemarin tidak terulang. Saya kira semua SKPD harus segera memberitahukan pihak pegusaha untuk harus melengkapi keseluruhan kebutuhan hotel-hotel mulai dari sekarang," jelasnya.

Lanjut Legislator PAN ini berharap Menparekraf nantinya dapat memprioritaskan Pemerintah Kota Makassar untuk mencairkan dana hibah. Anggaran untuk Kota Makassar sendiri sebesar Rp48,8 Miliar. Dari total anggaran, hanya 70 persen jatah yang diberikan atau sekitar 34 miliar lebih untuk hotel dan restoran.

Dhita Anggraeni/Syawal
Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya