Sampah Makassar Menumpuk, Dewan Minta Beri Edukasi Warga

sulsel.hallobanua.com, Makassar - Sampah perkotaan yang ada di Kota Makassar belum terorganisir dengan baik sehingga sampah bahan organik dan anorganik belum terkelola dengan benar. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar minta Pemerintah Kota Makassar beri edukasi ke masyarakat.

Menurut Anggota DPRD Makassar, Nurul Hidayat mengatakan pemkot Makassar perlu menyadarkan masyarakatnya mengenai pentingnya pengelolaan sampah dan berbagai pengolahannya ke produk yang lebih bermanfaat. 

"Dibanding kota lain itu, sampah kita belum bisa berkontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jadi kalo kita rajin membuang sampah ta secara teratur, itu bisa meningkatkan PAD kita," ungkapnya, Rabu (30/06/2021) kemarin.

Sehingga ia akan memfasilitasi masyarakat melalui edukasi terhadap pengelolaan organisasi pengelolaan sampah organik yang harusnya dilakukan pemerintah kota Makassar.

"Saya harap masyarakat bisa memanfaatkan sampah misalnya seperti pupuk dan lain-lain. Edukasi ini perlu agar menjadi perhatian kepada masyarakat terkait pemanfaatan sampah organik maupun non-organik," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Operasional PD Pasar Makassar Raya, Saharuddin Ridwan mengaku sampah di kota Makassar memang dalam kondisi memprihatinkan, khususnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dimiliki Kota Makassar. 

"Kita sangat butuh mengedukasi warga pentingnya tentang pengelolaan sampah yang baik. Kalau tidak pernah ki liat gunung di kota, jalan-jalan mki ke antang, liat mki gunung itu. 20 meter tingginya sekarang," bebernya. 

Dhita Anggraeni/Syawal

Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya