Satu Pejabat Pemkot Miliki Harta Lebih dari Wali Kota Makassar

 

Sulsel.hallobanya.com, Makassar - Satu orang pejabat di lingkup Pemkot Makassar, dinilai miliki harta kekayaan yang lebih dari pimpinannya, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto. 

Pejabat Pemkot yang memiliki harta berlimpah tersebut, ialah, Kepala Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Makassar, Andi Irwan Adnan. 

Dia memiliki harta kekayaan  mencapai Rp 53,6 miliar pada tahun 2018. Ini melonjak setelah setahun sebelumnya, hanya Rp 8,2 miliar. 

Sang empunya harta kekayaan mengatakan, seluruh jumlah harta yang terdata dan dilaporkan dalam bentuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Semuanya, kata dia, bisa dipertanggungjawabkan. 

"Sudah melalui proses verifikasi dari KPK. Apa yang saya lakukan itu tentu sebagai bentuk keterbukaan sebagai pejabat negara,” ujarnya. 

Harta kekayaan yang telah dilaporkan  oleh Andi Irwan sebelumnya hanya harta pribadi, namun tahun berikutya, harta kekayaan keluarga juga dimasukkan. Hal ini yang kemudian terjadi lonjakan data harta kekayaan Andi Irwan sebagai Pejabat di Pemkot Makassar. 


"Pada 2017 yang saya laporkan harta kekayaan secara pribadi, kemudian terjadi perubahan pada 2018 karena diakumulasikan dengan aset keluarga termasuk harta istri," sebutnya. 

Sementara itu, menanggapi adanya harta kekayaan yang lebih dari pimpinan tertinggi di lingkup Pemkot Makassar, Danny Pomanto ingin menelusuri lebih jauh asal muasal harta kekayaan milik Irwan. 

"Kita tidak boleh membiarkan hal ini. Saya ini wali kota, mestinya saya yang paling banyak penghasilanku, dan sebelumnya ada memangmi uangku," tandasnya. 

Wali Kota yang akrab disapa dengan jargon Anak Lorong itu menuturkan, tidak ada pegawai Pemkot yang kaya mendadak. Apalagi dalam kurun waktu satu tahun. 

"Wali kota saja tidak mungkin kaya mendadak. Saya 5 tahun jadi wali kota, ada perubahan disitu? Mobilku saja berkurang," jelasnya. 

Efrat/ Yayan
Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya