Pemkot Makassar Kembali Kejar Capaian Vaksin Bagi Lansia, Baru 46 Persen

sulsel.hallobanua.com, Makassar-- Hingga kini Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sudah menargetkan capaian vaksinasi hingga 85 persen dan 46 persen untuk lansia. Epidemiologi ingatkan pemerintah agar vaksinasi untuk lansia tetap menjadi prioritas,  Selasa (11/1/2022).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin mengaku berdasarkan data Januari 2022, capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Makassar sudah melampaui target 70 persen. 

Dimana saat ini Makassar berada di angka 85,25 persen dan vaksinasi untuk warga lanjut usia masih rendah, yaitu masih berada pada posisi 46,37 persen dari target 60 persen.

"Sementara mau koordinasi juga dengan Dukcapil terkait data lansia yang valid. Jangan sampai dari sasaran yang dikeluarkan oleh Kementerian itu banyak yang sudah meninggal," ungkapnya.

Apalagi Pemeirntah Kota sudah melakukan percepatan capaian target.Salah satunya dengan mewajibkan seluruh pegawai di lingkup Pemkot Makassar untuk membawa minimal enam orang untuk divaksin, di mana dua di antaranya merupakan lansia.

"Lambannya progres vaksinasi lansia lantaran masih ada data yang belum terinput akibat masalah jaringan. Kita akan melakukan evaluasi data lansia di Kota Makassar karena adanya kecurigaan data yang digunakan oleh pusat saat ini sudah tak valid," jelasnya.

Sementara itu, Ahli Epidemiologi Universitas Hasanuddin (Unhas), Ansariadi mengatakan pemerintah harus mengingat bahwa vaksinasi untuk lansia tetap menjadi prioritas. Jangan sampai pemerintah hanya fokus menargetkan vaksinasi secara umum namun mengesampinkan golongan rentan tersebut.

"Kita akan menginggatkan pemkot bahwa jangan sampai tinggi vaksin secara umum tapi lansia masih rendah. Karena kalau sudah tinggi pada orang tua maka tidak ada masalah, lansia ini yang sangat rentan, terdampak virus," tuturnya.

Dhita Anggraeni
Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya