Perubahan Cuaca Ekstrem Pemkot Makassar Siapkan Mitigasi Bencana

sulsel.hallobanua.com, Makassar - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah menyiapkan mitigasi untuk menghadapi fenomena La Nina di awal Januari mendatang. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan Makassar harus dalam keadaan siap menghadapi perubahan cuaca ekstrem.

"Sebelum kita menghadapi cuaca ekstrem, yang sekarang sudah terasa sekali. Kita harus mitigasi, kita harus siaga seperti yang hari ini memperbaiki dan mengecek infrakstruktur kita," ungkapnya saat meninjau posko bencana, Rabu (17/11/2021).

Lanjutnya bahwa sudah ada beberapa posko bencana yang disiapkan dikecamatan dengan tujuan untuk memantau sejauh mana kerawanan banjir akibat curah hujan yang tinggi. Diketahui, sebentar lagi akan masuk pengaruh musim barat, yang biasanya disertai angin kencang dengan curah hujan tinggi.

"Ada kemungkinan Januari kita akan hadap La Nina dan saya mengecek yang tergenang banjir itu di tello baru kecamatan manggala yang memang terjebak disitu. Saya sudah minta untuk dilakukan pemompaan dan terpasang genset ditempat," lanjutnya.

Ia juga hendak memastikan bahwa personel cukup jika nanti terjadi bencana. Petugas drainase kecamatan harus memantau terus kelancaran aliran air di seluruh drainase setiap kecamatannya.

"Khususnya banjir dan angin kencang, puting beliung. Salah satunya adalah personel kebersihan kita itu justru bertugas pada saat hujan," katanya.

Danny juga mengimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Warga diminta untuk berhati-hati dengan listrik dan hindari keluar rumah saat hujan deras.

"Intinya ada beberapa terjadi penyumbat drainase yang menyebabkan banjir. Kemudian yang kemarin war room kita khusus untuk pandemi di Karebosi menjadi pusat pengendalian bencana,"tutupnya. 

Dhita Anggraeni/Sywl
Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya