Pemkot Makassar Siapkan Tenaga, Antisipasi Bencana Alam dan Pandemi Covid-19

sulsel.hallobanua.com, Makassar -- Memasuki musim hujan yang intens belakangan ini. Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tengah fokus penanganan dan antisipasi banjir di beberapa titik lokasi di Makassar yang kerap menjadi langganan banjir. 

Menurut Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan perlu ada penanganan dan antisipasi cepat di musim hujan ini dengan memperhatikan beberapa titik lokasi di Makassar. Beberapa lokasi yang kerap menjadi langganan banjir seperti Kodam 3, Paccerakkang Daya dan Perumnas Antang Blok 10 yang menjadi lokasi terparah.

"Saya meminta agar BPBD Makassar segera mengecek peralatan dan mengatur tim yang nantinya akan di turunkan. Untuk penanggung jawab daerah yang biasanya menjadi langganan banjir ini di harapkan segera membuat posko ataupun menyiapkan tempat pengungsian agar ke depan penanganan bisa lebih cepat," katanya di Balai Kota Makassar, Selasa (16/11/2021).

Selain itu, mengatasi puncak musim hujan yang tinggi, Danny sapaan akrabnya akan menurunkan Tim Detektor sebanyak 10 ribu Tim Detektor tersebar di setiap RT/RW di 15 wilayah untuk membantu penanganan bencana di Kota Makassar.

"Mereka akan dilibatkan dalam penanganan Tim SAR tanggap bencana yang disebut sebagai Bala SAR. Saya alihkan Bala SAR untuk bantuan SAR untuk bencana-bencana seperti bencana banjir, kebakaran dan bencana lainya," jelasnya.

Tidak hanya itu, Danny tetap mempersiapkan tenaga Tim Detektor jika kasus Covid-19 di Makassar kembali melonjak di bulan Desember-Januari.

"Kita tidak tahu juga ini pandemi kapan berhentinya. Makanya Tim Detektor tetap kita akan jalankan karena kalau kita melihat di negara tetangga kita naik itu sekarang. Kita harus antisipasi jadi pasukan-pasukan kita harus kita siapkan," tuturnya.

Dhita Anggraeni/Sywl

Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya