Lima Sekolah di Makassar, Siswanya di Screaning Menggunakan Genose

sulsel.hallobanua.com, Makassar - Mencegah terjadinya penularan virus pasca dilakukannya simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) gelombang pertama. Pemerintah Kota Makassar mengscreening bagi pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kota Makassar menggunakan alat Genose. 

Wakil Walikota Makassar Fatmawati Rusdi terjun mantau lima sekolah yang melaksanakan screening ke siswanya menggunakan alat Genose. Screening bagi pelajar dilaksanakan secara serentak untuk siswa SMP yang sudah sebulan mengadakan simulasi PTM gelombang pertama.

"Dari hasil pemantauan lima sekolah dari 30 yang sudah melaksanakan PTM kita lihat sudah baik. Karena tujuan kami melakukan screaning ini untuk mengetahui status kesehatan anak didik kita, maintenancenya yakni dengan menggunakan Genose," ungkapnya, Selasa (02/11/2021).

Walaupun sudah ada 30 sekolah di kota Makassar tingkat SMP baik negeri maupun swasta yang telah melaksanakan PTM gelombang pertama. Namun baru lima sekolah yang telah melaksanakan percobaan tes screaning genose ke siswa. Terbukti dari hasil screaning seorang siswa dinyatakan positif, namun setelah diulang kembali ternyata hasilnya negatif.

"Di sekolah pertama tadi, ada seorang siswa yang dinyatakan positif, itu karena positif ratenya lemah, makanya kita suruh ulang, setelah istirahat 30 menit dan meniup lagi, alhamdulillah hasilnya sudah negatif," bebernya.

Sekedar diketahui bahwa dalam penggunaan alat Genose, sudah jelas ada Standar Operasional Prosedurnya (SOP). Adapun sekolah tingkat SMP yang dikunjungi diantaranya, SMPN 6, SMPN 2, SMPN 29, SMPN 1 dan terakhir SMPN 3.

 "Juknisnya sudah ada, sensitivitasnya memang ada,  petunjuk-petunjuknya itu harus diikuti, kemungkinan errornya tadi tidak mengikuti SOP, karena anak tadi ditanya ternyata habis makan nasi uduk," katanya.

Sementara itu, Plt Kadis Pendidikan Kota Makassar Nielma Palamba sebelumnya mengaku sasaran screening ini adalah siswa tingkat SMP, karena selama satu bulan dilaksanakannya PTM, siswa sudah berinteraksi dengan teman temannya.

"Hasil Swab antigen semua anak kita sehat, sehingga Genose ini digunakan untuk  maintenance bagaimana meng screening dan mentreatment, apakah benar benar selama satu bulan mereka belajar, tidak ada terkontaminasi," jelasnya. 

Dhita Anggraeni/Sywl
Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya