Pemkot Makassar Fokuskan Kecamatan Tangani Sampah Kian Menumpuk

sulsel.hallobanua.com, Makassar-- Persoalan kebersihan kini menjadi perhatian serius Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Hal itu, menjadi tugas khusus yang diamanatkan Wali Kota Makassar ke seluruh Sekretaris kecamatan (Sekcam) untuk mengurus persoalan sampah yang ada di wilayah masing-masing.

Menurut Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan membenahi tata kelola sampah di Kota Makassar harus segera diperbaiki di masing-masing kecamatan se-Kota Makassar. Menginggat sampah merupakan persoalan serius yang harus ditangani.

"Kita mulai fokus pada pembenahan dan penataan kota terutama kebersihan. Makanya saya tekankan ke kecamatan dan menjadi tugas Sekcam untuk mengurus sampah ini. Makanya ini harus ada yang koordinir untuk mengurus sampah yang ada dimana-mana sekarang,"ungkapnya, Senin (11/10/2021).

Namun untuk menghandel persoalan sampah di Kota Makassar, kata Danny perlu menambah jumlah armada pengangkut sampah di setiap RT/RW untuk rutin menganggut sampah. Kedepan akan diterapkan sistem baru, dimana unit motor Fukuda (roda tiga) akan disimpan di RW masing-masing.

"Kita minta untuk memperkuat armada pengangkut sampah. Setiap RW ditekankan memiliki satu unit motor roda tiga yang menjadi armada sampah. Motor itu nantinya disimpan di RW masing-masing, agar lebih cepat ditangani," jelasnya.

Sementara itu, Camat Panakkukang, Andi Pangeran Nur Akbar mengaku kecamatan tengah melakukan pembenahan sampah di masing-masing kelurahan. Sebab kendala yang dialami pihak kecamatan adalah armada sampah dan personel kebersihan.

"Memang kendala pihak kecamatan sekarang ini kekurangan armada apalagi armada Fukuda untuk menggangkut sampah di lorong-lorong. Karena kita inikan banyak wilayah yang kurang diangkut sampahnya karena tidak ada armada yang bisa angkut sampah di lorong-lorong," bebernya.

Dhita Anggraeni/Syawal
Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya