Makassar Mulai Terapkan PTM, Walikota Makassar: Kita Evaluasi Tiap Dua Minggu

sulsel.hallobanua.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar melakukan uji coba untuk menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas sebanyak 28 Sekolah Menegah Pertama (SMP) di 14 Kecamatan Kota Makassar , Senin (04/10/2021).

Menurut Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan setiap siswa mendapat dua kali kesempatan belajar dalam sepekan selama uji coba PTM di lakukan di Kota Makassar dan saat ini sudah 28 sekolah di Makassar yang siap dalam uji coba PTM.

"PTM yang saya tinjau hari ini ada uji coba, belum dapat diterapkan sekolah lainnya selama belum mengikuti prosedur. Apa yang kami lihat tadi yang pertama adalah anak-anak dipastikan sebelum masuk kelas itu harus diantigen," ungkapnya.

Berdasarkan pantuan langsung pelaksanaan simulasi belajar tatap muka di SMP Negeri 6 Makassar. Danny mengaku, SMP Negeri 6 Makassar sudah sebanyak 386 siswa mulai bersekolah. 

"Saya memang sudah ingatkan bahwa proses belajar mengajar dilakukan bertahap. Uji coba ini untuk menerapkan apa yang menjadi skenario kita, kemudian kita melihat dalam satu minggu ini apa-apa yang perlu disempurnakan jadi kami mulai dari 28 sekolah di 14 kecamatan, baik swasta mau pun negeri," jelasnya.

Ada pun para siswa terlebih dahulu akan diswab antigen sebelum mengikuti pembelajaran. Untuk PTM Selasa besok, bakal diikuti siswa kelas 8. Rabu siswa kelas 9. Begitu selanjutnya, kembali ke kelas 7 lagi.

"Sistem PTM ini sengaja dibagi dua sesi. Sesi pertama 150 anak kemudian sesi kedua 200, karena jumlahnya kan 386 khusus kelas 7 hari ini. Jadi yang hari ini hadir semua sudah divaksin kemudian mereka sehat," katanya

Langkah selanjutnya, Pemkot Makassar akan terus melakukan evaluasi. Apabila, ada kasus covid-19 ditemukan, makan simulasi PTM ini akan dialihkan ke sekolah lainnya.

"Tiap dua minggu kita akan evaluasi kalau tidak ada kasus, kita tingkatkan lagi. Mungkin tambah 1 atau 2 sekolah 1 kecamatan. Sehingga nanti semoga bulan Desember semua sudah bisa," tuturnya.

Dhita Anggraeni/Sywl

Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya