Capaian Vaksin di Makassar Masih 33 Persen, Petugas Bakal Sambangi Langsung Rumah Warga

sulsel.hallobanua.com, Makassar - Demi mencapai target vaksinasi di Kota Makassar. Pemerintah Kota Makassar bakal mengambil langkah taktis dengan menurunkan Petugas Kesehatan dan Satgas Covid-19 secara door to door menyambangi rumah warga, utamanya para lansia dan remaja untuk di vaksin. 

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan, Nursaidah Sirajuddin mengatakan capaian vaksinasi di Makassar masih jauh dari target yang ingin dicapai. Oleh karena itu, vaksinasi di Makassar bakal mendatangi langsung rumah warga dan menjadi sasaran utama para lansia dan remaja (pelajar). 

"Sampai sekarang itu data yang kami dapatkan capaian vaksinasi lansia di Makassar baru 33 persen lebih. Masih jauh dari target sebanyak 101.284 penerima. Masih sangat sedikit, makanya kami akan utus petugas dan satgas turun langsung ke rumah warga, tentu didampingi," ungkapnya, Selasa (19/10/2021).

Menginggat target yang ditentukan pemkot akhir oktober, jumlah vaksinasi sudah mencapai angka 1 juta lebih warga yang di vaksin. Program itu dinamai door to door untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan, karena tanpa harus ke tempat vaksin dan mengantri.

"Ada beberapa yang memang malas pergi vaksin karena jauh atau persoalan transportasi ke tempat vaksin. Makanya kita yang datangi saja warganya dan kita tetap berupaya bagaimana capaian lansia dan pelajar ini semakin hari semakin tinggi," bebernya. 

Program itu dilaksanakan melalui kerja sama dengan camat dan kelurahan. Tugasnya, mencari warga yang belum menerima suntikan vaksin.

"Kita melihat capaian lansia kita masih rendah insya Allah kita akan lakukan door to door seperti yang kami sampaikan bagaimana kerjasama camat lurah untuk kita memantau ke rumah-rumah. Kira-kira lansia kita yang belum vaksin itu sama saja," jelasnya.

Dia mengakui berbagai upaya juga sudah dilakukan seperti inovasi vaksin drive thru khusus lansia, hingga sosialisasi intens di tingkat puskesmas. Namun, hasilnya belum sesuai harapan. Persoalan itu dalam pandangannya hampir sama dengan daerah lainnya.

Dhita Anggraeni/Syawl
Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya