Banyak Pembahasan saat Pangdam Hasanuddin Temui PLT Gubernur Sulsel

Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, saat melakukan pertemuan dengan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Jum'at, (16/4/2021).

sulsel.hallobanua.com, Makassar - Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, melakukan pertemuan dengan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Jum'at, (6/4/2021). 

Lebih dari satu jam lebih mereka berbincang-bincang. Keduanya membahas banyak hal terkait Provinsi Sulsel. Salah satunya terkait keamanan, serta sinergitas dalam pembangunan untuk masyarakat antara TNI dan pemerintah daerah.

"Kita harap TNI selalu menjaga koordinasi, komunikasi dan sinergitas bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk masyarakat," kata Andi Sudirman.

Andi Sudirman mengungkapkan, Pemprov Sulsel berharap ada pertemuan rutin yang digelar Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). 

Sebab ia mengaku sangat menanti adanya masukan-masukan dari banyak pihak untuk membangun Provinsi Sulsel.

"Kita menginginkan, ada pertemuan rutin untuk membahas isu-isu bersama Forkopimda. Jika ada masukan terkait keamanan, ketertiban dan isu masyarakat," ujarnya.

Pada Ramadhan kali ini, Adik Mantan Mentri Pertanian Andi Amran Sulaiman itu juga menyampaikan, Pemprov Sulsel saat ini telah mengizinkan masyarakat untuk bisa shalat tarwih di Masjid. Namun, tetap dengan memenuhi protokol kesehatan yang ketat. 

Sementara untuk kendaraan yang boleh melintas jelang mudik, Pemprov Sulsel hanya mengizinkan wilayah aglomerasi di Mamminasata, yakni Maros, Makassar, Gowa, dan Takalar.

Sebagaimana diketahui jelang mudik Ramadhan kali ini akan ada petugas yang berjaga di setiap perbatasan, mulai tanggal 6-7 Mei 2021. 

"Jadi sekiranya dilakukan screening, kendaraan bisa menggunakan logo yang dibuat pemerintah kabupaten kota masing-masing. Yang diwaspadai itu dari luar Sulsel, namun pemerintah pusat sudah keluarkan aturan tidak ada transportasi pada jelang lebaran nanti," jelasnya.

Di hadapan Pangdam yang baru saja menjabat sebagai Pangdam XIV Hasanuddin, pada (5/4/2021) lalu itu, Andi Sudirman menyampaikan, keinginannya membuat mitigasi. Mengingat kondisi saat ini, tengah musim hujan, dan Sulsel merupakan Provinsi yang rawan akan bencana saat musim hujan. 

Dia juga berharap ada sistem tim komando yang bertugas untuk pemetaan dalam penyaluran logistik di posko bantuan saat ada bencana. 

Sehingga pembagian lebih merata, penataan logistik lebih terarah, mudah dikontrol dan tepat sasaran. 

Pemprov Sulsel, kata dia, siap bersinergi dengan Kodam XIV Hasanuddin dalam mendukung program TNI untuk masyarakat. 

Merespon hal itu, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, mengatakan, terus mendukung upaya Pemerintah Provinsi Sulsel. 

Hal itu sejalan dengan program TNI, salah satunya dalam pembukaan rintisan jalan yang selama ini dibangun oleh Pemprov Sulsel.

"Sesuai dengan fungsi Kodam Hasanuddin untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk program teritorial ke masyarakat. Misalnya bisa dengan kerja bakti, pembukaan jalan. Kami harap bersama pemerintah daerah bisa bekerja sama dengan bergotong royong bersama masyarakat. Aparat TNI siap turun dan kami juga sudah siap alat berat lengkap," jelasnya.

Efrat/ Yayan

Baca Juga
Hallosulsel

Follow Instagram Kami Juga Ya